KEJAWEN I

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
          Sahabat -sahabatku yang terkasih terutama yang telah SMS ke saya khususnya M. Mijan dari Tegal, Mas Tatang dari Bekasi dan semuanya yang beratensi pada Blog Kyai Djawan Samudro,Alhamdulillah Allah SWT telah memberi Rohmat serta HidayahNya yang tak Terhingga Solawat serta Salam semoga tercurah pada Junjungan Mulia Muhammad SAW yang kita harapkan syafaatnya ila yaumil Qiyamah.semoga Allah selalu membimbing saya untuk amar ma'ruf Nahi Mungkar.
        Pada hari Jum'at yang mustajabah ini,saya ingin mengupas tentang KEJAWEN, yang merupakan sebuah Pembahasan yang sudah umum dimasyarakat yang mengartikan bahwa kejawen adalah sesuatu gagasan yang Klenik,Bid'ah dan menyimpang dari Tatanan akidah.
       Sebelum membahas KEJAWEN alangkah baiknya kita menengok ke belakang sejarah terjadinya Negara Tanjung Anom ( Djawa Dwipa ).........
Setelah mencairnya Es I , dan timbulnya semenanjung - semenanjung baru,Maka muncullah sebuah Pulau - pulau yang mana pada masa itu Pulau Djawa dihuni oleh Bangsa lelembut dan bananul jin yang sangat Angker sehingga Pulau Djawa perlu sebuah Tatanan yang lebih manusiawi dan Berbakti pada Allah SWT sehingga pada masa itu NABI SULAIMAN as. menugaskan salah seorang muridnya yang bernama Musa Bin Ejekil ( ADJI SAKA ) dengan Panglima Angkatan Laut Betara Grinjing Wesi untuk mengabarkan berita baik bagi Umat Manusia yang berada di Tanjung Anom ( Djawa Dwipa )untuk menyembah Pada Allah SWT
     Nach dari sinilah kita akan membahas tentang KEJAWEN Yang merupakan asal permasalah yang jarang orang tahu bahwa Bangsa Djawa ( Indonesia )dari garis Keturunan DJAWAN / KEJAWAN dan Kakaknya DJUBAL ( Cina ) dan Gog Mogog ( Rusia )adik dari Djawan.
    Jadi Bangsa Djawa Purba sama dengan orang - orang Jahiliyah Arab bahkan semua Penghuni Bumi setelah Beranak - Pinak Bercucu - cicit menjadi Penegak Kebenaran dan Penghamba Kesesatan.kemudian Allah SWT menurunkan Nabi dan Rosul yang jumlahnya sangat Banyak silahkan buka di Blog ini...
   Maka sangatlah keliru kalau KEJAWEN adalah sebuah Agama, sedangkan Agama yang Asli mulai dari Nabi Adam as. adalah ISLAM ( Keselamatan ) yang inti ajaranya MengEsakan Tuhan dan mengakui Kenabian dan Kerosulan pada masa dimana Nabi dan Rosul tersebut diutus.
    Manusia pada dasarnya adalah Pembuat Bid'ah ( Kesesatan ) karena sudah menjadi ciri bahwa manusia akan selalu tergelincir pada jalan yang sesat,bila tidak bersandar pada Tuntunan dan Tatanan yang telah ditentukan oleh yang membuat Tuntunan dan Tatanan yaitu Allah SWT. Robbul Izzati.
    KEJAWEN adalah falsafah Orang - orang yang telah mencapai Makrifatulloh dengan Dzikir dan Pendalaman Syareat yang berakar pada tatanan adiluhung ,Akhlakul Karimah, Unggah -Ungguh serta Adat Istiadat yang menyempurnakan Penghambaan Titah Pada Sang Pencipta.
    Weruh Sak durungge Winarak ( Tahu sebelum Datang ) Wis mangan Sak durungge mangan, Wis Sholat sak durungge SHOLAT , Wis Kaji sak durungge lunggo Kaji itu bukan KEJAWEN itu adalah Penafsiran seseoarang yang punya Garis Keturunan dari Bangsa Djawa ( silsilah Darah Biru ) ataupun darah PUTIH , manunggaling Kawulo lan Gusti, manunggaling kawulo lan kawulo.
    Coba kita Reffres sebentar .........Apakah masuk akal manusia Bisa menjadi Tuhan, sedangkan Manusia jumlahnya bermilyard - milyard mulai Djaman Nabi Ada as. sampai Umat Muhammad SAW.Apakah kita akan Menuhankan Manusia,.Apakah Orang Sakti , Orang yang mengetahui sebelum terjadi, pintar berdebat sudah dapat dikatakan Tuhan ?,sungguh sangat tidak masuk akal dan mustahil.
    KEJAWEN adalah Penafsiran atau Falsafah seperti PANCASILA Yang Notabene adalah Rumusan manusia yang didalamnya ada unsur kebaikan dan keburukan yang bersumber pada Adat Istiadat dan Ahlak seorang Bangsa Djawa ( Indonesia ) yang telah mencapai tatanan Penghambaan yang Makrifatulloh.
   Saya pernah ditanya oleh seseorang yang mengatakan Bahwa Sayid Anwar ( Batara Nur Cahyo ) Keturunanya banyak berada di Pulau Djawi ,memang benar namun Sayid Anwar adalah seorang manusia yang mempunyai kelebihan yang kemudian berubah menjadi Panutan Bangsa lelembut ( Bananul Jin ) yang merupakan Laskar Penyuruh Kesesatan ,yang telah disebutkan oleh SWT bahwa Pengikut Syetan ,bisa dari Bangsa Jin dan Bangsa Manusia.
    KEJAWEN bukan merupakan Agama Bangsa Djawa ( Indonesia )akan tetapi merupakan pemikiran atau falsafah dari sebagian Suku Djawa.http://kyaidjawansamudro.blogspot.com/2013/01/mengupas-serat-dharmo-gandul-bag-i.html
  Ini saja dulu yang dapat saya sampaikan dan silahkan ditunggu penulisan berikutnya KEJAWEN II


wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh


Al fakir Kyai Djawan Samudro

Comments

Popular posts from this blog

KITAB PANGIWO PANENGEN III

PANGIWO - PANENGEN JILID V TAMAT

AJIMAT KALIMOSODO