PUASA ROMADHON DAN NAFSU DUNIAWIYAH

       Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.....

 Sebulan Penuh kita menahan diri dari hawa nafsu ,makan, minum, bersetubuh di Pagi hari serta menahan dari segala macam godaan Nafsu, namun usaha yang kita lakukan seperti sia - sia belaka, betapa tidak ! di hari - hari terakhir kita puasa banyak kita lihat pemandangan di sekitar kita, banyak dari remaja - remaja yang sudah tidak sukan - sukan lagi makan dan minum di jalanan, para ibu - ibu berbondong - bondong memborong segala macam makanan , minuman , pakaian secara berlebihan.
     Usaha yang telah kita lakukan bagaikan pepatah " Kemarau Setahun Hilang ditelan Hujan seharian " , rugi kita telah bersusah payah bangun di malam hari, taraweh,tadarus, berbuat baik kepada orang lain hilang sekejab tak berbekas.
    Puasa Romadhon adalah training kita untuk 11 Bulan berikutnya, jangan merasa kita telah berhasil mengalahkan hawa nafsu kita namun hasil yang kita capai ternyata Nol ( kosong ) , jadikan hari - hari kita adalah romadhon setiap saat.
   Mari kita INTROPEKSI diri dan belajar menasehati diri sendiri, agar menjadi hamba - hamba yang mutaqin, Amin Ya robbal alamin.


Wassalamu'alaikum  warrahmatullahi wa barokatuh.



Kyai Djawan Samudro 





Comments

Popular posts from this blog

KITAB PANGIWO PANENGEN III

PANGIWO - PANENGEN JILID V TAMAT

AJIMAT KALIMOSODO